Pasar Setan, Fenomena Misteri Para Pendaki




Pasar Setan. Ini memang sering diberi tahu oleh juru kunci gunung sebelum berangkat pendakian. Kita, para pendaki, jika menemui "Pasar Setan" dalam perjalanan disarankan untuk tetap tenang, hormat, tidak sembrono, minta izin lewat, dan berdoa. Tidak semua pendaki mengalami atau menemui adanya "Pasar Setan", sehingga mungkin ada yang tidak percaya soal ini. Sebab, sifatnya sangat kebetulan.

Ini gunung-gunung di Jawa Tengah yang memiliki mitos "Pasar Setan":

1. Gunung Slamet

Keberadaan "Pasar Setan" di Gunung Slamet sangat dikenal bahkan oleh masyarakat sekitar. Penulis sendiri mengalami gairah adanya 'Pasar' di Gunung Slamet. Itu terjadi sebelum masuk ke pos 7 atau pelawangan. Ada orang-orang mengobrol, menawar, teriak, suasananya sangat ramai dan gaduh persis pasar sesungguhnya. Namun, tidak ada orang satu pun terlihat, cuma penulis dan teman-teman. Kami waktu itu tetap tenang sebagimana saran juru kunci atau orang-orang yang pernah mengalaminya. Pikiran kita jangan sampai kosong. Konon, jika kita masuk ke alam mereka, yakni "Pasar Setan" tadi, kita tidak bisa pulang alias nyasar entah kemana. Fenomena ini dialami pendaki dengan tempat dan waktu yang berbeda-beda. Bagi pendaki jalur Bambangan, barangkali pernah melihat pohon 2 besar bagaikan pintu gerbang, di situlah katanya pintu masuknya. 

2. Gunung Merbabu

Misteri "Pasar Setan" juga terjadi di Gunung Merbabu. Penulis sendiri ketika mendaki Gunung Merbabu tidak menemuinya. Akan tetapi, sebagian besar pendaki katanya pernah mengalami situasi gaib keramaian orang seperti di pasar. Hal ini diperkuat oleh sebuah tulisan di situs Merbabu.com bahwa aktivitas "Pasar Setan" di Gunung Merbabu memang benar terjadi seperti halnya di Gunung Slamet. Nama pasar itu disebut Pasar Bubrah. Konon, di sini tempat makhluk halus berkumpul, gerbangnya ada di Watu Gubug Gunung Merbabu.

3. Gunung Sumbing

Gunung Sumbing termasuk gunung yang memiliki misteri "Pasar Setan". Penulis pernah mendaki gunung ini, meski tidak menemui pasar setan, tetapi penulis mengalami peristiwa aneh ketika tiba-tiba penulis jatuh tertidur saat duduk beristirahat. Sewaktu bangun, penuh kabut gelap, jarak pandang sangat pendek, sementara teman-teman penulis sudah berada di atas mendaki jalur terjal dan penuh pasir. "Pasar Setan" Gunung Sumbing dikenal sebagai Pasar Watu. Konon, letaknya di jalur yang terjal dan berpasir ini, tempat saya mengalami kejadian aneh. Jika kemarau, pasir dan debu beterbangan, sebaliknya musim hujan jalur sangat licin. Menurut cerita, sering ada orang di situ berlari-lari turun-naik gunung, dan sosok kakek tua. Jalur ini adalah jalur sebelum mencapai Batu Kotak.

Selain gunung-gunung di atas, kabarnya Gunung Merapi juga mempunyai misteri "Pasar Setan". Semoga sobat travelers yang suka berpetualangan mendaki gunung selalu menghormati alam lain. Meskipun sebagian orang mungkin tidak percaya terhadap cerita-cerita tadi, tetapi percayalah bahwa Tuhan menciptakan makhluk selain manusia. Sobat boleh percaya atau tidak. 

Tetap berperilaku santun di atas gunung. Tidak lupa jaga kelestarian alam. For Soul and For Life..

This article originally appeared in : | Gunung di Jawa Tengah yang Terdapat "Pasar Setan" kewisata.com | Wednesday | December 31, 2015 |   




No comments:

Post a Comment