Raja Abdullah bin Abdulaziz Meninggal Dunia Pada Usia 90 Tahun




Televisi nasional Arab Saudi mengumumkan bahwa Raja Abdullah meninggal dunia pada usia 91 tahun. Pengumuman yang dibuat pada Jumat (23/1) dini hari ini, menyatakan bahwa suadara laik-laiki dari Raja Abdullah, Pangeran Salman akan menggantikan posisinya sebagai raja Arab Saudi.

Sebelum pengumuman, TV Saudi menayangkan doa-doa dari ayat suci Al-Quran yang memberikan sinyal bahwa ada berita duka dari keluarga kerajaan. 

Raja Abdullah, meninggal setelah sebelumnya dirawat di rumah sakit selama beberapa pekan karena menderita infeksi paru-paru.

Raja Abdullah 

Seperti dikutip dari BBC, Raja Abdullah sendiri diangkat menjadi raja pada tahun 2005, namun sering menderita masalah kesehatan beberapa tahun belakangan.

Dalam kiprahnya Raja Arab Saudi Abdullah bin Abdulaziz yang merupakan sekutu kuat Amerika Serikat (AS) berusaha untuk memodernisasi kerajaan Muslim ultrakonservatif dengan reformasi signifikan tersebut dilaporkan meninggal pada usia 90 tahun. Abdullah yang lahir di Nejd, Riyadh akan berusia 91 tahun 1 Agustus 2015 mendatang.

Daily Mail, Jumat (23/1) melaporkan, pihak Kerajaan Arab Saudi yang berada di rumah sakit mengkonfirmasi kematian Raja Abdullah yang dirawat di King Abdulaziz Medical City sejak Desember lalu. 

Dia sudah menjalani serangkaian operasi untuk berjuang melawan penyakit pneumonia. Saudara tiri Raja Abdullah, Salman yang kini menjadi raja, menyatakan, kematian saudaranya tersebut terjadi pada Jumat (23/1) pagi waktu Arab Saudi.

Sebuah pernyataan resmi menyatakan, "Yang Mulia Salman bin Abdulaziz Al Saud dan semua anggota keluarga dan bangsa ini meratapi Penjaga Dua Masjid Suci Raja Abdullah bin Abdulaziz, yang meninggal tepat pada 1:00 pagi ini. "

Abdullah, yang lahir pada 1923, telah memerintah Arab Saudi sebagai raja sejak tahun 2006. Tetapi, ia mengendalikan negara secara de facto selama satu dekade, setelah pendahulunya Raja Fahd menderita stroke.

Kini, Raja Salman yang berusia 79 tahun, dianggap sebagai putra mahkota, dan menteri pertahanan sejak 2012. Dia adalah gubernur provinsi Riyadh selama lima dekade sebelum itu.

This article originally appeared in : Raja Abdullah Meninggal Dunia di Usia 90 Tahun | repuplika.co.id | Jumat, 23 Januari 2015, 06:52 WIB




No comments:

Post a Comment